Jpnindonesia.com Jakarta-Dewan kerajinan Nasional RI, menggelar Pameran Kerajinan Nusantara, KriyaNusa 2023 bertempat di Jakarta Convention Center.

Kegiatan pameran yang bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan keragaman produk kerajinan Indonesia ini telah dibuka secara resmi oleh ibu Hj. Iriana Joko Widodo pada tanggal 13 September 2023 dan akan berlangsung hingga tanggal 17 September 2023.

Pameran KriyaNusa menjadi ikon pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia. Pameran industri kreatif ini melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas dari Sabang sampai Merauke.

Acara yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi, mewakili Pj. Bupati Buton yang didampinggi Ny. Kiki Amalia Asnawi selaku Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara.

Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi, selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Sultra, saat diwawancarai awak media mengatakan Dekranasda Kabupaten Buton turut serta mengikuti kegiatan Pameran tersebut. Dekranasda Kabupaten Buton menampilkan kerajinan berupa Tenun Wabula dan Kerajinan Anyaman dari Nentu,”paparnya.

Dekranasda Buton juga turut mengambil peran pada Kegiatan Fashion Show yang digelar Jumat, 15 September 2023, bekerjasama dengan Desainer Nasional Defrico Audy dengan menampilkan pakaian Kain Tenun yang diperagakan oleh Model Nasional dengan Motif Tenunan Pucuk Cempaka Warna Kuning Mustard,’ujar Asnawi

UMKM di daerah tersebut adalah merupakan dukungan dari pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan sektor kerajinan dan pariwisata di Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pameran Kriyanusa 2023 dan Peragaan Busana seluruh Dekranasda menjadi ajang yang penting dalam mempromosikan dan mengapresiasi keberagaman budaya dan kerajinan di Indonesia. Melalui partisipasi aktif dari Dekranasda Kabupaten Buton dan pemilik usaha UMKM, diharapkan sektor kerajinan dan pariwisata di Buton dapat terus berkembang dan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat.

Untuk harapannya, Kriya ini tetap diadakan setiap tahun karena di sinilah ajang promosi kami untuk memperkenalkan kerajinan-kerajinan kami, Pameran ini juga menjadi kesempatan bagi masyarakat dalam dan luar negeri untuk mengenal dan mengapresiasi kerajinan dan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Buton Dengan adanya pameran-pameran seperti ini, diharapkan citra dan daya tarik kerajinan produk-produk lokal Indonesia semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas,” pungkas Asnawi.

By MayaJPN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *