JPNIndonesia.com JAKARTA 29 Maret 2023 – Dinilai telah implementasikan anjuran Presiden Jokowi untuk menerapkan transformasi digital di era industri 4.0 pada core business dan pelayanannya masing-masing, sebanyak 27 Perusahaan BUMN, 5 BUMD dan 4 Swasta ini mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Majalah Itech yang bekerjasama dengan FORTI BUMN, Kementerian Ristek Dikti, DRN dan juga BPPT yang sekarang telah menjadi BRIN.

Acara yang mengangkat tema “Prioritizing Digital Technology Transformations to Win The Global Competition in a Post-pandemic World” ini didukung oleh para pakar dan professional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi. Adapun tujuan dari event ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi ICT serta inovasi perusahaan, terutama dalam menghadapi perubahan perkembangan dunia bisnis. Acara yang diadakan secara online dan offline (hybrid) ini bertempat di Ballroom III Hotel Mulia Jakarta, 29 Maret 2023.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi yang menjadi Dewan Juri Digitech Award 2023 dalam proses penjurian, bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan Digital Teknologi dalam melakukan Transformasi Bisnis yang dijalankan perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut dapat bertahan dan memberikan pelayanan yang prima untuk customer di seluruh Indonesia.

Salah satu kategori paling bergengsi di ajang ini adalah PT PAL Indonesia,setelah berhasil meraih penghargaan dalam beberapa ajang bergengsi, diantaranya : Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023, Anugerah BUMN 2023 dan Public Relations Indonesia Awards 2023,kini PT.PAL Indonesia kembali Raih penghargaan The Best Chief Digital Transformation in Industri Maritim di ajang penganugerahan bergengsi Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2023.

Kaharuddin Djenod, Direktur Utama PT. PAL Indonesia dalam sambutannya menyatakan PT. PAL Indonesia telah melakukan transformasi secara total, kemudian selain melakukan transformasi internal, “Kita juga melakukan ekspansi market yang begitu pro aktif, sehingga sekarang ini beberapa negara-negara lain baik dari Timur Tengah Asia dan sebagainya itu meminta penawaran dari PT. PAL. Dan ini menjadi sejarah yang pertama kali PT. PAL dipercaya oleh sedemikian banyak negara,”terang Kaharuddin.

Sumber daya manusia yang kompeten dengan penguasaan teknologi di bidang perkapalan dan general engineering dalam menjalankan proses bisnisnya. Hal itu juga dapat dilihat melalui kualitas produk yang dihasilkan, di mana PT PAL telah mendapat kepercayaan dari berbagai negara maju yang sudah memesan produk-produk PT PAL Indonesia,”ucapnya.

Skill dari SDM PT.PAL Indonesia sangat jauh berbeda dengan skill SDM sekarang ini, PT.PAL mampu mengejar sejajar sebagai program-program pertahanan Republik Indonesia,yang akan membangun kekuatan Maritim yang mana Maritim darat dan laut,tentunya PT.PAL masuk ke kancah dunia,membawa dan memasarkan produk-produk PT.PAL sangat berat,sehingga kami meluncurkan program Transformasi Industri Maritim 4.0 dan sistem ini yang kami bangun dari april 2021 sejak kami dilantik jadi Dirut Pt.PAL Indonesia,”papar Kaharuddin.

Beberapa bulan kami bangun sistem ini dan sekaligus kami membangun produk yang dan efisien,bagaimana sistem disign ini kami bangun agar mampu menutup skill dari pada sumber daya manusia Pt.PAL Indonesia dan sekaligus juga agar mampu menciptakan inovasi-inovasi dalam tehnologi perkapalan terutama kapal dedicate.
Sistem ini kami bangun dengan melibatkan banyak orang,sehingga yang sebelumnya ketika kami awal-awal dilantik di Pt.PAL,kami tidak mampu melihat bagaimana Flow keuangan,bagaimana flow produksi berjalan,hanyalah laporan permukaan saja,tapi setelah kita bangun sistem 4:0 ini yaitu sistem four point zero ini,di tahun 2022 Mei kami membuat sesuatu dashboard yang berisi hampir 1700 project ini,yang tadinya kami blank melihat 1700 project ini dengan semua kejanggalan,dengan semua kebocoran-kebocoran yang muncul sehingga dengan ini kami melakukan transformasi itu secara total, 92 eselon-1 kami ganti,kami refresh berdasarkan data yang sudah memiliki dan sampai akhir 2022 100 persen eselon-1 kami refresh semuanya,”ucapnya.

Nah ini kami akan mengubah data PT.PAL agar bisa mengejar penganan pada posisi sama dengan global tech di dunia perkapalan.
Dengan bantuan ini, perubahan-perubahan yang kami rasakan dengan sistem digitalisasi dari semua bisnis proses,dari semua proses disaign,proses produksi,alhamdululah Angkatan Laut ,Navy yang telah menempatkan tim yang menilai bagaimana perkembangan dalam Pt.PAL,satu tim penilai bagaimana managemen Pt.PAL,satu tim juga menilai bagaimana produk dr PT.PAL yang sudah dibangun pada bulan juli 2022 U.N Navy telah memberikan kepercayaan kepada PT.PAL sekaligus memberikan kepercayaan kepada negara kesatuan RI untuk membangun kapal perang dengan tinggi 163 m yang kini pertama kali bagi negara yang memiliki uang tidak berseri mengalihkan pemesanan kapal yang selama ini mereka sangat fanatik kepada Eropah,dan sekarang diamanahkan dan dipercayakan kepada PT.PAL Indonesia.

Sebagai tim di PT.PAL Indonesia Bagaimana kemampuan disign dan tehnologi PT.PAL Indonesia sehingga mereka bisa melakukan bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin,dan besok harus lebih baik dari hari ini,”tutup Kaharuddin Djenod.

By MayaJPN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *